Friday, April 1, 2016

My Life Project


“Mau jadi apa kalo besar ?”
“Jadi Orang.”
Ada saat dimana semua orang berpikir keras karena pertanyaan sesimpel ini, tidak mudah menjadi sesuatu kalau kita belum tahu passion kita. Malu rasanya jika kita banyak cakap didepan orang visi kedepan tapi didalam diri kita isinya kosong (masih bingung), maka sayapun memulai perjalanan mencari “Jadi orang” versi saya itu seperti apa.
Yap! Dulu sempat mengambil keputusan yang risky saat kelulusan SMP, saya memilih smk karena saya saat itu tidak nyaman dengan sma (ini bukan karena malas, tapi dari dulu saya selalu berpikir practical) akhirnya smk menjadi pilihan terakhir. Sempat banyak yang tidak setuju karena mayoritas orang berpikir i deserve better apalagi dengan pemikiran miring soal sekolah kejuruan, but heart want what it wants saya pun berhasil masuk jurusan multimedia. Itulah awal saya menjalani yang saya suka, passion mendorong saya untuk meraih sesuatu yang jelas dan mencari info soal dunia visual.
Berikut beberapa info yang bisa saya berikan (beberapa mungkin kalian sudah tau) :


3. www.pinterest.com

Outcome dari kecintaan saya ini membuat saya memilih DKV (Desain Komunikasi Visual) saat kuliah. Mencari tipe karya dan juga kadang mencari blog mahasiswa DKV yang membahas hari – harinya. Seru membayangkan setiap hari bisa berhayal dan menuangkan aspirasi ke tugas yang ada.
I love what i choose mulai dari kelas nirmana, tipografi, layout, dan fotografi. Saya suka mempelajari hal yang walaupun i’m not that good apalagi soal crafting dan drawing. Pernah ada tugas nirmana saat semester 2 saya diminta menggabungkan beberapa media (cotton bud dengan cat). Milik saya buruk sekali padahal rencanananya saya ingin membuat semacam gelombang laut dengan gradasi warna pastel (kuning, ungu, merah,dan oranye) akhirnya hasilnya terlihat asal - asalan karena tragedi mengeringkan ujung cotton bud di microwave, so guys sometimes creativity needs a rule.
Berikut tips yang bisa saya bagikan untuk kalian yang mau masuk DKV.
  1. TIME MANAGEMENT
Klise tapi penting, pasti sering lah kalian tau soal anak DKV pasti begadang. Memang bisa tapi kalau alasan kita karena manajemen waktu yang buruk akhirnya tugas terbengkalai sih itu salah kita ya. Be wise, setelah lulus dari kampus kalian langsung masuk THE REAL WORLD tidak ada waktu untuk menunda yang tidak penting. Banyak caranya ada aplikasi smartphone (salah satu favorit saya any do apps di google) jangan ada alasan selalu liat keatas kalau mau belajar (orang yang lebih baik).
  1. FINDING REAL BEST FRIEND
Sahabat, dari awal kalian masuk langsung carilah teman - teman yang pas dan sevisi dengan anda. You can be friends with anyone but can’t be bestfriend kan, dari sini dapat terlihat lingkaran pertemanan anda. Inilah yang mempengaruhi cara kerja dan pola pikir, belajarlah dari semua orang.
  1. REFERENCE
Jangan cari referensi di mbah google kalau tidak tau benar keyword yang dicari. Lebih cari di behance, kreavi, majalah kinfolk/WAD/frankie tergantung kalian lebih tertarik dimana (datang ke periplus atau toko buku kinokuniya) dan baca buku luar ataupun dalam negeri. Berkecimpung didalam dunia seni bukan berarti tidak ada baca buku, kita perlu belajar sejarah desain ataupun kehidupan manusia untuk menghasilkan karya atau produk yang penuh makna. Ada satu buku  “Desain Grafis Indonesia dalam Pusaran Desain Grafis Dunia”
  1. PORTOFOLIO
Kalau mau jadi desainer harus ada buktinya, so make everything really worthed. Buatlah karya atau apapun sesuai passion kamu (everybody is unique so embrace it) :)


AND THE MOST IMPORTANT THING LET PEOPLE KNOW WHAT YOU DO, DON’T HIDE IT
Kalian harus punya panutan di bidang ini, harus tau circle pertemanannya dan berani mengenalkan diri (let them know your shine). Hal ini saya pelajari ketika mengerjakan The Blixt Project (pameran fotografi yang dibentuk Atreyu Moniaga), saat itu saya dipercaya menjadi Project Manager dan selama itu saya melihat these kids (keenam member BLIXTers ) have guts. Mereka datang ke pameran foto ataupun illustrasi dan menunjukkan karya mereka yang akan masuk ke project ini. In life you have to take risk, and thats what they do. Doing what you love need consitency and hardwork, apakah anda mau jadi biasa - biasa saja di bidang yang pas.
My father always say
Be someone don’t be the follower
Pasti diantara kalian akan bertanya, “ ini banyak cincong mana karya dia ?”
Well sekarang saya belum bisa cerita, tapi sekarang masih onprogress menunjukkan apa yang saya cinta secara spesifik saat ini ke orang - orang yang tepat. Apakah sekarang saya seorang desainer karena sempat saya mention kencintaan soal dunia visual (sebenarnya tidak juga), sampai saat ini saya belum bisa mentitled diri saya karena perlu integritas dan ketegasan untuk benar - benar memilih . Pastinya disini saya ingin sharing perlunya kita mencari passion yang pas, jangan gampang pilih jurusan karena teman (jadilah dirimu sendiri, jangan terlalu bergantung pada opini orang).

No comments:

Post a Comment